Selasa, 03 Mei 2011

***MENGENAL BUMBU DASAR***

Ada tiga bumbu dasar yaitu bumbu dasar merah, kuning dan putih. Bumbu dasar ini sangat memudahkan kita di dalam memasak karena dari ke tiga bumbu ini dapat di kembangan menjadi beragam jenis bumbu masakan.



Jika kita amati masakan Indonesia yang sangat beragam itu mempunyai kesamaan dalam hal bumbu. Secara garis besar bumbu pada masakan dapat digolongkan menjadi tiga bumbu dasar, yaitu bumbu dasar merah, putih dan kuning. Dari bumbu dasar ini dapat dikembangkan menjadi beragam jenis masakan. Seperti bumbu dasar putih dapat digunakan pada masakan ase lidah, gudeg, terik daging, sayur bobor, tempe bacem dan opor ayam. Bumbu dasar merah lain lagi, pengnggunaan bumbu dasar merah pada masakan biasanya untuk bumbu sambal goreng, rendang, kering tempe, pepes, sambal bajak, aneka gulai, ayam bumbu rujak, telur balado dll. Sedangkan bumbu dasar kuning dapat dikembangkan menjadi bumbu kari, acar kuning, pesmol ikan, nasi kuning, terik daging, aneka pepes, ayam goreng dll. Tidak ada salahnya jika ada waktu senggang anda membuat ketiga bumbu dasar ini. Masukan di dalam botol yang tertutup rapat dan simpan di dalam almari pendingin. Sewaktu diperlukan, anda tinggal menambahkan beberapa jenis bumbu sesuai kebutuhan resep masakan yang akan dibuat. Praktis dan efisien bukan?!

Berikut resep dan cara membuat bumbu dasar.

~Bumbu Dasar Kuning~

Bahan : 300 gram bawang merah 200 gram bawang putih 100 gram kunyit, bakar 1 sdt garam 1 sdt merica butiran 200 ml air 200 ml minyak goreng Rempah Daun : daun salam, daun jeruk, batang serai, jahe, dan lengkuas. Cara Membuat : 1. Siapkan blender, masukkan bawang merah, bawang putih, kunyit, garam, dan merica, haluskan. 2. Masak bumbu hingga air menyusut, masukkan minyak goreng, daun salam, daun jeruk, serai, jahe, dan lengkuas, tumis hingga harum, matang, angkat, hilangkan uap panasnya. Masukkan dalam wadah bersih, simpan dalam lemari es. 3. Siap untuk memasak.


~Bumbu Dasar Putih~

Bahan :
    * 100 gram kemiri sangrai
    * 25 gram ketumbar, sangrai
    * 250 gram bawang merah
    * 100 gram bawang putih
    * 2 sdt garam
    * 2 sdt merica butiran
    * 200 ml air
    * 100 ml minyak goreng

Rempah Daun :
    * Daun salam, daun jeruk, batang serai, jahe, dan lengkuas.

Cara Membuat :
   1. Siapkan blender, masukkan kemiri, ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam, merica bubuk, dan air, haluskan.
   2. Masak bumbu hingga air mengering, masukkan minyak goreng, daun salam, daun jeruk, batang serai, jahe dan lengkuas, tumis bumbu hingga harum dan matang, angkat. Hilangkan uap panasnya, masukkan dalam wadah bersih, simpan dalam lemari es.
   3. Siap untuk dipakai bahan dasar memasak.


~Bumbu Dasar Merah~

Bumbu Dasar Merah Bahan : 500 gram cabai merah besar 200 gram bawang merah 150 gram bawang putih 2 sdt garam 1 sdt merica bubuk 1 sdm terasi goreng 150 ml air 100 ml minyak goreng Rempah Daun : Daun salam, daun jeruk, batang serai, jahe, dan lengkuas Cara Membuat : 1. Siapkan blender, masukkan cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, merica, terasi, dan air, haluskan. 2. Masak bumbu bersama daun salam, daun jeruk, serai, jahe, dan lengkuas hingga airnya habis. Masukkan minyak goreng dan masak hingga bumbu matang dan harum, angkat, hilangkan uap panasnya. Masukkan dalam wadah bersih, tutup rapat dan simpan dalam lemari es. 3. Siap untuk memasak.

Sumber: Resep Deddy Wijanarko & Gizi Kuliner.blog
http://www.facebook.com/home.php?sk=group_172960929414737&view=doc&id=194360373941459

Tidak ada komentar:

Posting Komentar